Sunday 28 September 2014

Tagar #SaveSpongebob Jadi Ramai Dibicarakan

17:18


Di karenakan Spongebob (Global TV) dan Crayon Shinchan (RCTI) belum lama ini masuk dalam blacklist KPI untuk kategori hati-hati. Dan juga KPI meminta pihak televisi untuk membuang atau menghapus adegan-adegan yang dianggap tidak pantas, seperti memelorotkan celana dan mengejek. Bahkan KPI juga mengancam jika tuntutan ini tidak dipenuhi, maka izin kartun tersebut akan dicabut.

KPI juga telah melayangkan surat teguran kepada stasiun TV yang bersangkutan. KPI juga meminta stasiun TV untuk mengedit atau membuang adegan yang menampilkan kekerasan untuk tayangan yang masuk kategori berbahaya.

Tetapi karena itu juga para fans kartun tersebut terutama kartun Spongebob si busa kuning itu menanggapinya dengan bereaksi membuat tagar #SaveSpongebob, bahkan sempat membuatnya jadi trending topik di twitter pada kamis malam (25/09/2014).

Tetapi saya rasa ini agak berlebihan tanggapannya, karena saya sendiri sebenarnya juga penggemar kartun ini, tetapi memang bila dilihat dari sudut pandang saya sebagai orang dewasa, kartun ini memang tidak terlalu layak jadi tontonan anak-anak, untuk remaja boleh lah karena telah mampu menyaring mana yang baik dan mana yang buruk, lagipula langkah yang dilakukan KPI itu sudah benar, karena itu hanya teguran.

Dan juga selain merilis daftar blacklist tersebut, KPI juga merilis daftar tayangan bermutu dan aman bagi anak-anak. Beberapa diantaranya adalah Dora The Explorer (Global TV), Adit Sopo Jarwo (MNC TV), Laptop Si Unyil (Trans 7), Curious George (ANTV), Thomas and Friends (Global TV), Unyil Keliling Dunia (Trans 7), dan Disney Junior (MNC TV).

Jadi masih banyak tayangan yang lebih pantas untuk anak-anak, tetapi jangan lupa untuk terus didampingi oleh para orang tua.

Sebenarnya jikalau kartun inipun dihapus dari televisi lokal, para penggemar terutama yang remaja atau dewasa yang ingin menontonnya pun tetap masih bisa dari internet, seperti lewat youtube.

Oh ya, sekedar boleh tahu, ternyata Spongebob juga dilarang di dua negara ini :
Pada Tahun 2012, Film SpongeBob Dilarang di Ukraina, bisa dilihat di liputan6.com
Anak-anak Kazakhstan Dilarang Nonton "SpongeBob SquarePants", bisa dilihat di kompas.com

Ditulis oleh

Androidism adalah blog yang berisi seputar informasi Android dan teknologi lainnya, tetapi tentunya kami lebih fokus kepada Android dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Androidismo. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top