Sunday 8 June 2014

Cintailah Produk Dalam Negeri

15:14


Pengalaman saya sewaktu dinas ke Korea Selatan benar-benar menyadarkan saya bahwa cinta produk dalam negeri itu memang suatu keharusan, karena apa? karena dengan mencintai produk dalam negeri sendiri keuntungannya seperti duit negara ga lari keluar karena kembali berputar di negeri sendiri, ekonomi dalam negeri bertumbuh pesat dan tanpa harus duit negeri ini lari keluar juga karena pengusaha lokalpun dapat hidup dan juga dapat membuka peluang kerja baru seluas luasnya, juga bisa saja pengusaha lokal itu usahanya menjadi besar kemudian ekspansi perusahaannya keluar negeri yang tentunya bila orang luar yang beli uangnya masuk ke Indonesia, dan tentunya masih banyak lagi keuntungan lainnya secara ekonomi.

Sewaktu saya di Korea saya lihat semua memakai produk negerinya sendiri, seperti untuk handphone seperti pada pakai Samsung atau LG, kemudian untuk mobil ini yang bikin saya bengong disana karena mereka semua kebanyakan pakai Hyundai atau pakai KIA yang tentunya banyak model yang tidak pernah saya lihat di Indonesia karena memang khusus untuk pemakai dalam negeri, juga untuk mobil berat seperti bus (untuk bus banyak juga yang pakai Hyundai dan KIA), truk dan lainnya pakai Daewoo dan untuk taksi saya lihat banyak pakai Hyundai, ini foto-fotonya :


Gambar 1 dan 2. Foto-foto bus sewaktu tur ke Pulau Nami


Gambar 3. Taksi dan beberapa mobil pribadi di Korea Selatan

Gambar 4. Bahkan industri retail mereka maju juga, untuk yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia tentunya tau akan LOTTE Mart, yup LOTTE berasal dari Korsel dan kini banyak sekali cabangnya di Indonesia


Gambar 5. Saya mencoba narsis di depan LOTTE Young Plaza, hehehe

tentunya mesti didukung oleh pemerintah juga ya, seperti dipermudah perizinannya, dll dan bolehlah kita lihat negara-negara asia yang menjadi besar karena cinta produk dalam negeri seperti jepang (kalo ini malah kayaknya dapet untung banyak dari Indonesia yah, karena produk motor sama mobilnya benar-benar menguasai transportasi disini), korea selatan (yang lagi maju pesat industri smartphonenya), china (ini juga lagi gencar banget industri elektroniknya), dll. Kita di Indonesia tercinta ini sebenarnyapun banyak sekali produk-produk elektronik lokal berkualitas seperti Advan, Axioo, Byon, Evercoss, Polytron, dll.

Ngomong-ngomong orang kita lucu ya, kebanyakan mudah sekali kemakan gengsi untuk ikut-ikutan beli suatu merk tanpa bisa maksimalin kegunaannya, saya ada cerita dikantor saya waktu jaman Blackberry lagi booming ada beberapa bapak-bapak pakai Blackberry tapi fitur BBM-nya tidak diaktifkan atau tidak ngerti ngaktifkannya jadi hanya beli untuk sekedar gengsi (tepok jidat + facepalm saya langsung), padahal BB tanpa BBM sama juga bohong, trus lebih dahulu lagi pas jaman nokia lagi jadi ponsel sejuta umat ampe kadang ada yang suka kalo ada temannya yang pakai produk selain nokia pasti langsung diledekin, seperti ada temen yang pakai hape samsung (jaman itu memang belum terkenal) ampe dibilang ama temen yang lain "kok lo pake hape china sih, kan cepet rusak" (dalam hati gue ngakak, produk korea dibilang produk china saking sotoynya dan saking pengen ngeledek temen ane tu orang tanpa tau itu hape buatan mana maen asal nyerocos dia, cuman ane diemin aja biar kalo dia ngomong ke yang tau produk mana jadi keliatan onengnya dia :P) eh sekarang tu orang malah pake Smartphone Samsung dan pernah ane ledekin juga "kok lo sekarang pake Samsung? padahal dulu lo bilang itu china punya" langsung mesem-mesem dia haha. Pokoknya saran saya jangan jadikan merek sebagai alasan buat gengsi-gengsian deh, beli cuman buat gaya tapi kagak bisa pakai atau maksimalin kegunaannya samadengan percuma dan jangan takut bakal cepat rusak kalo beli produk lokal (karena orang kita kebanyak pikir kalau beli produk lokal terutama elektronik katanya mesti berdoa dulu "semoga awet" pret, padahal saya dulu seringkali pakai produk lokal malah lebih awet ketimbang pakai yang produk luar hehe), kalau saya sih berharap kedepannya terutama untuk industri otomotif juga elektronik buatan lokal bisa berjaya di negeri sendiri bahkan bisa di luar negeri, bayangkan kalau kita industri otomotif atau elektronik lokalnya maju, bakalan murah cuy kendaraan dan elektronik hahayyy karena bisa dibuat dan dirakit disini tentunya sangat menekan ongkos produksi dan berimbas pada murahnya harga yang tentunya siapa saja tanpa perlu biaya mahal bisa mendapatkannya dan sekali lagi mari kita terus support produk dalam negeri.

Menurut kalian bagaimana pemirsa? hehehe

Ditulis oleh

Androidism adalah blog yang berisi seputar informasi Android dan teknologi lainnya, tetapi tentunya kami lebih fokus kepada Android dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Androidismo. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top