Sunday 31 May 2015

6 Fitur Baru dan Canggih di Android M

16:31


Seperti tahun-tahun sebelumnya, kemarin Google telah resmi memperkenalkan sistem operasi Android terbaru dalam acara I/O 2015. Acara tersebut merupakan konferensi pengembang tahunan yang diadakan oleh Google. Android M versi preview untuk pengembang pun kini sudah tersedia untuk dicoba.

Apa saja yang baru dari Android M?

1. Ijin aplikasi pihak ketiga telah disempurnakan.

Dalam Google I/O 2015 keynote, Google memperkenalkan 'App permissions' baru pada Android M. Kini ijin aplikasi pihak ketiga tidak akan muncul berulang-ulang dan hanya akan muncul sekali saat pertama kali aplikasi diinstall. Ini mirip dengan 'App permissions' yang ada pada Apple iOS.

2. Android Pay yang mirip dengan Apple Pay.

Google memperkenalkan layanan pembayaran baru bernama Android Pay yang akan hadir dalam Android M. Layanan ini merupakan layanan Google Wallet yang diperbarui dan disempurnakan lagi. Sayangnya layanan ini terkesan meniru Apple Pay yang bisa digunakan pada iPhone 6, iPhone 6 Plus, dan Apple Watch.

Android Pay

3. Pendeteksi sidik jari akan tertanam dalam Android M.

Android M kini hadir dengan dukungan pendeteksi sidik jari secara native, sehingga para vendor yang ingin memakai pendeteksi sidik jari pada ponsel pintarnya tak perlu lagi menanamkan dukungan sendiri, cukup menggunakan dukukungan layanan yang disediakan oleh Google. Hadirnya pendeteksi sidik jari secara native ini juga mendukung fitur Android Pay, sehingga pengguna bisa mengeksekusi pembayaran menggunakan sidik jarinya.

4. Google Now tambah cerdas dan semakin mengerti penggunanya.

Di Android M, digital assistant Google Now kini semakin cerdas dan semakin mengerti penggunanya. Apa yang pengguna butuhkan akan langsung disediakan secara cerdas oleh Google Now dan semakin terintegrasi dengan aplikasi lainnya. Misalnya, saat pengguna mendengarkan musik dan bertanya tentang lagu atau penyanyi tersebut, Google Now akan langsung melakukan pencarian mendalam tanpa perlu kamu sebutkan nama penyanyinya. Google Now akan menganalisa lagu tersebut dan memberikan segala informasinya.

Google 'Now on tap'

5. Integrasi browser Chrome semakin mendalam.

Kini dalam aplikasi pihak ketiga, pengguna yang membuka sebuah link tak akan diarahkan ke browser yang tertanam dalam aplikasi tersebut. Pada Android M, semua browser yang tertanam di dalam aplikasi pihak ketiga adalah Chrome, namun dengan tampilan antar muka yang menyesuaikan aplikasi tersebut.
Implementasi browser Chrome pada semua aplikasi juga memungkinkan 'pre-fetch content' meski pengguna belum membuka link tersebut, efeknya, proses loading halaman browser akan semakin cepat.

6. Dozing: fitur 'Mati Suri' pada Android M.

Para pengguna Android selalu dihadapakan pada masalah baterai yang boros. Tak heran, kini Google lebih memperhatikan masalah tersebut untuk memuaskan para penggunanya. Google telah menanamkan fitur baru bernama Dozing, yang merupakan fitur 'mati suri' untuk perangkat Android.
Fitur ini akan aktif saat sensor-sensor pada smartphone tidak merasakan adanya penggunaan dari user, misalnya saat smartphone ditaruh di meja saat penggunanya sibuk bekerja atau tidur. Fitur Dozing akan memungkinkan smartphone masuk ke dalam mode 'mati suri' dan meminimumkan penggunaan baterai sehingga lebih irit. ( Irsan Suwanto )


Sumber : lintas.me

Ditulis oleh

Androidism adalah blog yang berisi seputar informasi Android dan teknologi lainnya, tetapi tentunya kami lebih fokus kepada Android dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Androidismo. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top