Sunday 16 November 2014

Situs Web Ini Masih Aktif Sejak Muncul Pada Tahun 1990

20:56


Arkeologi tidak hanya ada di dunia nyata. Daily Mail menyebut situs-situs ini masuk dalam kategori arkeologi digital. Muncul sejak 1990-an, situs web ini masih aktif hingga saat ini.

Masih ingat dengan film besutan Warner Bros, Space Jam? Film mengenai alien yang datang ke bumi untuk bermain basket ini ternyata memiliki situs web promosi yang dibuat bersamaan dengan kemunculan film tersebut.

Tahun 1996, Warner Bros membuat situs tersebut untuk memungkinkan penggemar film mencari tahu lebih dalam mengenai Space Jam. Sudah hampir 20 tahun dan situs itu asih aktif sampai sekarang.

Halaman lain yang bisa ditelusuri dan mengingatkan kembali mengenai kejadian masa lalu adalah berita dari CNN mengenai kasus OJ Simpson, masih di tahun 1990-an.

Dilansir melalui Daily Mail, Rabu, 5 November 2014, banyak situs lawas yang disimpan melalui arsip digital internet bernama Wayback Machine. Tidak hanya situs web, di dalamnya juga terdapat arsip perangkat lunak dan video. Tidak sedikit arsip yang ada di sini, jumlahnya diperkirakan mencapai 435 juta halaman.

Untuk video, Wayback Machine juga menyimpan kejadian 1994 dimana sebuah webcam di-install dan dihubungkan ke internet untuk memonitor asap di wilayah San Fransisco. Ini merupakan bagian dari proyek belajar siswa. Hebatnya, kamera itu masih aktif dan menyiarkan monitoringnya selama 24 jam dalam sehari hingga saat ini.

Situs interaktif pun ada. Ia adalah situs buatan Warner Bros tahun 1998 untuk mempromosikan film You've Got Mail yang dibintangi Meg Ryan dan Tom Hanks. Di situ itu, pengunjung dimungkinkan untuk melihat e-mail atau surat elektronik antara dua karakter tersebut, menggunakan inbox virtual dan instans messenger pop up, sama seperti yang terdapat dalam film.

Situs tahun 1996 dari Washington Post yang merekam video dansa Macarena juga masih bisa dikunjungi. Belum lagi fan page Robert De Niro yang dibuat tahun 1999, yang cukup memberi bukti bahwa caci maki di internet dan olok-olok telah ada sejak internet diciptakan.

Sama halnya ketika Microsoft meluncurkan Internet Explorer di tahun 1995. Sebuah situs dibuat oleh konsumen yang kecewa dan menyebut perangkat lunak itu sebagai "Setan". Dalam situs buatannya diperlihatkan Bill Gates memiliki tanduk.

Rupanya, arsip untuk situs-situs ini merupakan bagian dari tren yang sedang tumbuh untuk mendokumentasikan apa yang telah dibuat di dunia maya sejak kemunculan internet. Orang menyebutnya Arkeologi Digital.

Awal tahun ini, lembaga bernama Barbican di London juga menggelar pameran game dan situs jadul. Di sini dipamerkan video game dan komputer dari tahun 1970 sampai 1990, termasuk Space Invaders, Pong, dan Gameboy.

Situs yang paling menarik adalah situs web yang pertama kali dibuat oleh penemu internet, Tim Berners-Lee. Situs itu berisi mengenai informasi dasar terkait internet dan dibuat Berners-Lee saat dirinya masih bekerja di lembaga riset nuklir Eropa, CERN, di tahun 1991.


Ditulis oleh

Androidism adalah blog yang berisi seputar informasi Android dan teknologi lainnya, tetapi tentunya kami lebih fokus kepada Android dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Androidismo. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top