Sunday 21 September 2014

Hands-On : Review Samsung Galaxy S4 SCH-i545, Gahar Banget!

23:56



Kalian tentunya tahu kan Samsung Galaxy S4, jika yang resmi beredar di Indonesia adalah yang tipe GT-I9500, sementara yang kepunyaan saya adalah yang versi verizon alias beredar untuk daerah eropa dengan tipe SCH-i545, dimana beda di prosesor, jika yang indonesia punya memakai Chipset Exynos 5 Octa 5410 CPU Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A7 GPU PowerVR SGX544MP3, sementara yang saya pakai Chipset Qualcomm APQ8064T Snapdragon 600 CPU Quad-core 1.9 GHz Krait 300 GPU Adreno 320, untuk yang lainnya sih sama (lain kali akan saya review Galaxy S4 versi Indonesia punya kawan seruangan kerja saya), yap langsung saja :

Network
Frequencies and Data Type : LTE: Bands 4/13; CDMA 1x/EVDO Rev.A: 800/1900MHz; HSPA+/UMTS: 850/900/1900/2100MHz; GSM: 850/900/1800/1900MHz

Berhubung sudah mendukung LTE, tentunya saya juga tidak perlu gonta-ganti lagi HP untuk beberapa tahun kedepan bila Indonesia sudah mendukung LTE.

Display
Full HD Super AMOLED capacitive touch screen, Multitouch, 16M colors, Corning Gorilla Glass 3, TouchWiz UI, 1920 x 1080 Pixel, 480 dpi

Dengan spek display yang mumpuni seperti diatas, tentunya saya puas banget memakainya, semua berjalan mulus, layarnya terasa lembut disentuh, juga tajam saat buat setel video ataupun main game HD.

Size
Weight : 4.59 oz. (130 g)
Product Dimensions (inches) : 5.38" x 2.74" x 0.31"

Hm... mantap digenggam, enak rasanya karena pas banget ditangan saya, tidak kebesaran juga tidak kekecilan, sementara untuk berat juga terasa ringan karena hanya 130 g.

Audio
Features : Audio Streaming; Compatible Music Files: AAC, AMR, MP3, OGG, WMA/ASF, 3GA/M4A, WAV; MP3/MP4/Music Tones; Music Player; Ringtones, Polyphonic; Alert types : Vibration; MP3, WAV ringtones; Loudspeaker : Yes; 3.5mm jack : Yes

Untuk keluaran suaranya lumayan, jika disetel kencang tidak pecah suara, yang lainnya standard, untuk player bawaannya boleh juga dengan segala kelengkapannya, tapi jika ingin maksimalin lagi suaranya pakai saja aplikasi player lain yang lebih oke tentunya.

Video
Features : Compatible Video Files: AVI/DIVX, WMV/ASF, FLV, MKV, MP4/3GP, WEBM; Video Player; Video Streaming;

Untuk video, player bawaannya sih dah oke banget, ga usah pakai player lain juga menurut saya dah oke punya pastinya.

Chipset
Qualcomm APQ8064T Snapdragon 600; CPU : Quad-core 1.9 GHz Krait 300; GPU : Adreno 320

Untuk chipset, bila anda lihat speknya tentunya bermain game-game HD berjalan sangat mulus dan tanpa lag.

Memory
Card slot : microSD, up to 64 GB; Internal : 16 GB, 2 GB RAM

Untuk internalnya lega banget, beda banget rasanya jika pas pakai smartphone sebelumnya yang hanya 4 GB, dengan internal 16 GB kita tidak perlu khawatir jika internal kepenuhan, sebab walau kita pindah sebagian file aplikasi ke sd, tetap saja ada yang nyisa di internal (kecuali di root), apalagi saya pakai juga microsd yang 32 GB, makin maknyus! untuk RAM dengan 2 GB tentunya asik banget buat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa khawatir bakal nge-lag, hehe.

Data
GPRS : Yes; EDGE : Yes; LTE : Yes; Speed : HSDPA, 42.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; LTE, Cat3, 50 Mbps UL, 100 Mbps DL; WLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot; Bluetooth : v4.0, A2DP, EDR, LE, NFC : Yes; Infrared port : Yes; USB : microUSB v2.0 (MHL 2), USB On-the-go, USB Host

Dengan segala kelengkapan yang telah disebut diatas, tentunya saya juga tidak khawatir akan kemajuan teknologi dari smartphone, karena sudah melebihi dari apa yang saya butuhkan saat ini.

Camera
Camera resolution (Front) : 2.0MP; Camera resolution (Rear) : 13MP; Digital Optical Zoom : 4x; Features : Auto Focus; Dual-Camera; Dual-Recording; Dual-Video Call; Geo-Tagging; HD Playback; HD Recording; LED Flash; Online Image Uploading; Photo Editing; Sharing Capabilities: Bluetooth®, Buddy Photo Share, Email, Flipboard, Gmail™, Group Play, Messaging, NFC, S Beam™, S Memo™, Samsung Link, Share Shot, Wi-Fi Direct™; Shot Modes: Animated Photo, Auto, Beauty Face, Best Face, Best Photo, Drama Shot, Eraser Shot, Night, Panorama, Rich Tone (HDR), Sound & Shot, Sports; Slow Motion Recording; TV/Video-Out; Video; Video Editing; Zero Shutter Lag

Pada bagian kamera, untuk foto-foto terasa menyenangkan dengan segala fasilitas yang ada, dan juga kamera utamanya yang sampai 13MP sungguh mantap, pada kamera depan tentu sudah mendukung video streaming, saya suka pakai buat video call memakai Line dengan kawan-kawan nun jauh disana, hahayyy menyenangkan sekali. Oh ya untuk rekaman videonya tentunya juga bagus banget.

User Interface
Features : Accelerometer; Air Gestures™; Air View™; Barometer; Geomagnetic; Gyro; Proximity; RGB Light; Samsung Traditional UI; Smart Gestures; Smart Pause™; Smart Scroll™; Smart Unlock; Temperature & Humidity; TouchWiz®; Widgets

Untuk soal sensor dah lengkap banget deh asli mantap! dan tampilan UI-nya keren sih menurut saya, simple dan enteng juga.

Operating System
Android OS v4.4.2 (KitKat)

Saya pakai kitkat, smooth banget rasanya.

Battery
Battery, Standby : 3G: Up to 350 Hours; 4G: Up to 300 Hours; Battery, Talk Time : Up to 17 Hours; Battery Type and Size : 3.8 Volt, Lithium Ion, 2600 mAh

Untuk urusan baterai dengan layar yang hanya 5 inchi dan besar kapasitas baterai sampai 2600 mAh tentunya ini baterai akan terasa irit, lumayan juga kalau hanya untuk sms dan telponan dan dikit-dikit main game, seharian masih bisa dipakai, kecuali saya pakai terus-terusan main game, pasti bakalan cepat habis hehehe, untuk charge-nya cepet banget, apalagi kalo pas di charge pakai airplane mode, sebentar juga udah penuh.

Features
Messaging : SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM; Browser     HTML5; Radio : No; GPS : Yes, with A-GPS, GLONASS; Java : Yes, via Java MIDP emulator; Colors :    White Frost, Black Mist, Aurora Red (AT&T only), Arctic Blue, Purple Mirage, Brown Autumn, Pink Twilight, Black Edition; Other : Wireless charging (market dependent), ANT+ support, S-Voice natural language commands and dictation, Smart stay, Smart pause, Smart scroll, Air gestures, Dropbox (50 GB cloud storage), Active noise cancellation with dedicated mic, TV-out (via MHL 2 A/V link), SNS integration, Organizer, Photo/video editor, Document viewer (Word, Excel, PowerPoint, PDF), Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa, Voice memo/dial/commands, Predictive text input (Swype)

Untuk browser berjalan lancar, dan GPS juga berjalan mulus, warna yang saya pakai yang Black Edition, untuk segala fitur lainnya sudah bikin saya puas banget.

Benchmark

Saya pakai Antutu, dapat skor sampai 288887 dan dapat komentar great dari Antutu.

Berikut ini kumpulan foto (kenapa foto? bukan screenshot? karena ini dapat lebih membuktikan bahwa saya pegang beneran, bukan sekedar ambil dan comot gambar orang) dari Samsung Galaxy S4 SCH-i545 punya saya :










Ditulis oleh

Androidism adalah blog yang berisi seputar informasi Android dan teknologi lainnya, tetapi tentunya kami lebih fokus kepada Android dan terima kasih atas kunjungannya.

1 comments:

 

© 2013 Androidismo. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top