Saturday 2 August 2014

Ingin Jual Gadget Atau Smartphone Anda? Amankan Dulu Datanya!

15:00



Seperti yang kita ketahui, cara kerja perangkat atau gadget yang memakai android itu seperti cara kerja PC (Personal Computer) yangmana bila kita telah menghapus data biasanya masih ada sisa data yang dapat dirangkai lagi atau dipulihkan lagi, bisa juga dibilang di recovery misal memakai software untuk recovery yang banyak beredar, jadi bila anda memakai gadget itu kemudian menyimpan data penting atau data pribadi trus anda hapus kemudian gadget tersebut anda jual, bila ada yang iseng di recovery data sebelumnya, bisa saja data itu muncul lagi karena di recovery, bahkan hasil riset paling baru dari perusahaan pembuat Antivirus Avast mengatakan data-data pribadi anda tidak akan sepenuhnya hilang meski telah dihapus dengan menggunakan fitur "factory reset" (kembali ke setelan pabrik) atau "delete all" (hapus semua) yang tersedia.

Jadi amannya bagaimana dong?

1. Lebih baik kita menyimpan data-data penting jangan di gadget seperti smartphone, lebih baik bila kita punya penyimpanan khusus seperti usb / eksternal hardisk yang khusus untuk data penting dan penyimpanan data itu kita password dan folder-foldernya di password juga.

2. Bila sudah terlanjur anda menyimpan data di gadget seperti smartphone android, kita lebih baik untuk enkripsi data dengan cara masuk ke Setting > Security > dan pilih Encrypt Phone dan setelah itu bila anda ingin menghapusnya benar-benar setelah di enkripsi lalu delete dan lakukan factory reset (reset pabrik) dengan cara ke menu Setting > Back up and reset > lalu pilih Factory Data Reset (langkah factory reset anda lakukan bila ingin jual smarthonenya saja, karena dengan factory reset semua data anda akan hilang dan isi ponsel akan seperti dari awal lagi kita beli dan bila ingin factory reset lebih baik backup dulu data-data anda yang masih diperlukan), jangan lupa isi memori eksternalnya seperti micro sdnya juga dihapus dan di format sekalian bila anda mau jual sekaligus micro sdnya, amannya sih micro sdnya kita cabut dan simpan atau dihancurkan sekalian.

3. Bila anda menyimpan data dikamera atau media player dan ingin menjualnya tentunya penyimpanannya dengan microsd/sdcard setelah kita hapus datanya tentu jangan lupa kita format agar tidak bisa di recovery data sebelumnya.

4. Lebih aman lagi bila anda pengen gadget atau ponsel baru, tetapi gadget atau ponsel yang sebelumnya sudah terlanjur terisi data penting dan anda telah hapus dengan cara-cara diatas dan anda masih ragu apakah telah benar-benar terhapus, mendingan beli baru tanpa menjual yang lama dan menyimpannya (jangan kasihkan ke orang meski kawan atau sodara, demi keamanan), itung-itung yang lama buat kenang-kenangan, tetapi tentunya mesti siap bayar lebih karena beli baru tanpa jual yang lama, hehehe.

Oh iya, cara menghapus di point 2 itu bila anda pakai smartphone android, untuk gadget lain caranya beda-beda tergantung sistemnya, yang pasti prinsipnya kita harus selalu waspada dan berhati-hati terhadap data kita.

Yah, sekian dulu ya, nanti kita bahas lagi yang lain-lainnya.

Ditulis oleh

Androidism adalah blog yang berisi seputar informasi Android dan teknologi lainnya, tetapi tentunya kami lebih fokus kepada Android dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Androidismo. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top