Monday 20 January 2014

Lensa Kontak Cerdas Dari Google

18:34


foto dari techcrunch

Google meluncurkan lensa kontak cerdas yang dapat membuat penderita diabetes mengukur kadar glukosa mereka?

Ini bukanlah Google Glass dalam bentuk lensa kontak, mungkin hanya langkah pertama Google menuju ke arah ini. Perusahaan Google X Lab hanya membuat lensa kontak cerdas pada blog -nya dimaksudkan untuk membantu penderita diabetes mengukur kadar glukosa mereka.

Seperti dilansir dari techcrunch.com (16/1/2014), perusahaan itu menyatakan saat ini sedang menguji prototipe lensa kontak ini menggunakan chip nirkabel kecil dan miniatur sensor glukosa. Chip ini tertanam di antara dua lapisan lembut bahan lensa.

Dalam pengumuman, Google mencatat bahwa para ilmuwan telah lama melihat bagaimana cairan tubuh tertentu dapat membantu mereka melacak kadar glukosa. Air mata ternyata bekerja sangat baik, tetapi mengingat bahwa kebanyakan orang tidak sperti aktor Hollywood yang bisa menangis sesuai permintaan, menggunakan air mata tidaklah pernah sebagai benar-benar pilihan.

Menurut Google, sensor dapat membaca sekitar sekali per detik, dan bekerja dengan menambahkan lampu LED kecil dalam lensa untuk memperingatkan pengguna bila kadar glukosa mereka telah melewati batas tertentu. Sensor tersebut sangat kecil dan membuatnya terlihat seperti potongan-potongan kerlipan. "

Google mengatakan sedang bekerja sama dengan FDA untuk mengubah prototipe tersebut menjadi produk nyata dan membuatnya bekerja dengan para ahli untuk membawa teknologi ini ke pasar. Mitranya perusahaan mengatakan "kami akan menggunakan teknologi kami untuk lensa kontak cerdas dan mengembangkan aplikasi yang akan membuat pengukuran yang tersedia bagi pemakainya dan dokter mereka".

foto dari techcrunch

Perlu dicatat bahwa perusahaan-perusahaan lain, termasuk Microsoft, sebelumnya telah menunjukkan lensa yang sama. Meskipun begitu, sampai saat ini belum terlihat adanya lensa pintar yang tersedia di pasar Amerika Serikat. Mengingat jangkauan Google, bagaimanapun mungkin saja dapat menemukan mitra yang tepat untuk membawa teknologi ini ke pasar.

Wow, bagaimanakah di masa depan nanti? dan akan dapat digunakan untuk apa saja? Google Glass aja belum pernah coba dan mau muncul lensa kontaknya... by the way kita lihat saja perkembangannya nanti.

Ditulis oleh

Androidism adalah blog yang berisi seputar informasi Android dan teknologi lainnya, tetapi tentunya kami lebih fokus kepada Android dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 

© 2013 Androidismo. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top